Pahami Hakekat Matematika karena dapat meningkatkan fungsi penalaran pada diri manusia

Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang sangat besar peranannya, baik dalam kegiatan kehidupan manusia sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karena kedudukannya yang sangat penting inilah, Pemerintah dalam hal ini Departemen Pendidikan Nasional menempatkan matematika sebagai salah satu mata pelajaran inti yang diperkenalkan pada taman kanak-kakak dan diberlakukan mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.

Matematika timbul karena pemikiran-pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide dan penalaran. Ide-ide yang dihasilkan berfungsi menggambarkan konsep-konsep abstrak yang bersifat deduktif sehingga berlaku umum dalam menyelesaikan persoalan yang memiliki dasar-dasar yang sama. Hal ini relevan dengan pendapat Hudoyo (1988: 3) bahwa matematika berkenaan dengan ide-ide abstrak yang tersusun secara hirarkis dan penalarannya deduktif. 

Sehubungan dengan hal tersebut Djaali dalam Asnia  (2001: 6-7) menyatakan bahwa matematika seringkali dilukiskan sebagai suatu kumpulan sistem matematika yang masing-masing sistem mempunyai struktur tersendiri yang bersifat deduktif. Matematika berkenaan dengan ide-ide, struktur-struktur dan hubungannya diatur menurut urutan-urutan yang logis, karena matematika dipandang sebagai suatu struktur dan hubungan-hubungan, maka simbol-simbol formal sangat diperlukan untuk menggambarkan hubungan antara ide yang satu dengan ide yang lain. Adapun penggunaan simbol-simbol itu di samping bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas antara satu ide dengan yang lainnya, juga bertujuan untuk memahami setiap ide yang terkandung di dalamnya.

Pada hakekatnya matematika merupakan kumpulan ide-ide yang bersifat abstrak dengan struktur-struktur yang diatur menurut urutan yang logis. Dengan demikian, matematika berkenaan dengan konsep-konsep abstrak dimana suatu kebenaran matematika dikembangkan berdasarkan alasan yang logis dengan memanfaatkan metode penalaran deduktif.