4 Syarat utama yang wajib ditaati dalam membuat atau menyusun karya inovatif pembelajaran

Dunia pendidikan saat ini dituntut untuk selalu berubah menyesuaikan diri dengan tuntutan dan perkembangan dunia pendidikan yang semakin hari semakin kompleks. Persaingan yang begitu ketat mendorong semua elemen yang terkait dengan dunia pendidikan untuk selalu menemukan karya-karya inovatif. Kepala sekolah dan guru tidak terlepas dari tanggung jawab ini agar sekolah sebagai tempat berprosesnya pendidikan dapat selalu bergerak maksimal sehingga melahirkan output yang berkualitas dan mampu bersaing ditengah ketatnya persaingan dan tekanan di era globalisasi.

Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh sekolah adalah meningkatkan kemampuan guru dan kepala sekolah untuk melakukan penelitian. Penelitian ditujukan untuk menemukan solusi atas permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh sekolah (guru dan siswa), hasil yang diharapkan adalah lahirnya karya-karya inovatif yang dapat menunjang proses pembelajaran. 

Betapa pentingnya penelitian tersebut, maka terlebih dahulu ketahuilah 4 syarat utama dalam menyusun atau membuat karya inovatif. Syarat dimaksud dikenal dengan akronim OPIK (Orsinalitas, Perlu, Ilmiah dan Konsisten).
1. Orsinalitas
Karya inovatif yang dibuat benar-benar merupakan karya asli penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, editan atau disusun dengan niat dan prosedur yang tidak jujur. 
2. Perlu
Informasi yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu yang diperlukan dan mempunyai manfaat dalam menunjang proses pembelajaran. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.
3. Ilmiah
Laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mengandung kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan
4. Konsisten
Isi Karya Inovasi harus sesuai dengan tugas dan fungsi penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan memasalahkan tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah.

Lalu bagaimana dengan karya inovatif yang tidak memperhatikan 4 syarat di atas? 

Berikut ciri-ciri karya inovatif yang tidak sesuai dengan syarat penulisan karya inovatif:
  1. adanya bagian-bagian tulisan yang dirubah di sana-sini, bentuk ketikan yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak sesuai, terdapat berbagai data yang tidak konsisten, tidak akurat;
  2. waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang wajar;
  3. adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan laporan orang lain
  4. tidak adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan
  5. masalah yang dikaji terlalu luas
  6. tidak langsung berhubungan dengan permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi dari guru yang bersangkutan
  7. latar belakang masalah yang tidak jelas sehingga tidak dapat menunjukkan pentingnya hal yang dibahas dan hubungan masalah tersebut dengan upayanya untuk mengembangkan profesinya
  8. kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta dan kebenaran analisisnya
  9. kesimpulan yang tidak/belum menjawab permasalahan yang diajukan
  10. Laporan yang disajikan tidak konsisten dengan tugas dan fungsi penyusunnya