Cara terbaik dalam membahas soal-soal ujian nasional bersama siswa dan yang perlu dihindari oleh guru

Menghadapi ujian nasional, hampir semua sekolah melaksanakan program pengayaan. Program yang dilaksanakan untuk mengulang kembali materi yang diajarkan selama menempuh pendidikan di sekolah. Menghadapi ujian nasional, pengayaan yang diberikan pada umumnya membahas mengenai soal-soal yang pernah keluar di ujian nasional. Soal-soal yang dibahas umumnya mewakili SKL yang akan diujikan oleh siswa dalam ujian nasional.

Pada saat guru bersama siswa membahas contoh soal ujian nasional, guru harus menerangkan bagaimana soal-soal tersebut diselesaikan. Guru diharapkan mampu menguraikan soal tersebut agar siswa kembali mengingat bagaimana langkah-langkah menyelesaikan soal ujian yang dibahas.

Soal ujian nasional pada umumnya menggunakan soal “pilihan ganda”. Soal seperti ini, mengandung daya pengecoh yang sangat kompleks, siswa mesti berhati-hati menyelesaikan soal pilihan ganda, karena apapun hasil yang diperoleh siswa, jawabannya selalu tersedia dalam option pilihan ganda tersebut dan jawabannya belum tentu benar.

Dalam membahas soal pilihan ganda, yang harus dihindari oleh guru adalah hanya menyebut jawaban benarnya saja tanpa berusaha untuk menemukan mengapa option jawaban tersebut yang dipilih. Biasanya suasana  kelas akan gaduh, siswa hanya berteriak “A….B….C…D…”, artinya dalam hal ini siswa hanya menebak-nebak jawaban yang benar.

Bila ini terjadi, maka program pengayaan tersebut akan bernilai gagal, karena siswa tidak mendapatkan tambahan ilmu melainkan hanya huru hara di dalam kelas selama mengikuti pengayaan.

Jadi, pada intinya dalam memberikan pengayaan yang ditujukan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menghadapi ujian nasional, baik guru maupun siswa harus bekerja sama, contoh soal yang dibahas harus diuraikan dengan jelas sehingga jawaban benarnya ditemukan. Hindari membahas contoh soal ujian nasional tersebut dengan hanya menyebut pilihan benar salahnya tanpa mengemukakan alasannya, bila contoh soalnya adalah membutuhkan perhitungan maka uraikan langkah-langkahnya sehingga hasilnya ditemukan.