5 Cara menulis di papan tulis yang harus diperhatikan oleh guru

Menulis catatan di papan tulis tidak dapat dilakukan dengan sembarangan, ada caranya juga. Salah dalam melakukannya akan berdampak pada situasi dan kondisi di kelas, dapat menurunkan fokus perhatian siswa mengikuti proses belajar mengajar. Bahkan dapat membuat siswa tidak menulis catatan yang diberikan oleh guru.

Adapun cara terbaik ketika menulis catatan kepada siswa di papan tulis adalah:
  1. Uraian catatan harus singkat, padat dan sistematis. Materi yang dicatatkan adalah pokok-pokok materi yang mesti dihafal oleh siswa, sedangkan deskripsi lainnya sudah menjadi tugas guru untuk menerangkannya dengan tujuan memahamkan siswa tentang materi yang diberikan tersebut.
  2. Dalam menulis di papan, posisi guru tidak boleh membelakangi siswa. Hal ini tujuannya agar selama menulis catatan di papan tulis, guru tidak kehilangan waktu memantau dan memperhatikan siswa. Ini merupakan salah satu bagian dari kemampuan mengelola kelas. Sedikit saja guru mengalihkan perhatiannya dari siswa, akan menimbulkan kegaduhan yang dapat mengganggu jalannya pembelajaran di kelas.
  3. Diupayakan untuk tidak banyak waktu pelajaran habis untuk menulis di papan tulis, harus ada keberimbangan antara menulis dan menerangkan. Saat guru menerangkan, siswa mendapatkan kesempatan untuk istrahat sejenak, siswa yang mengalami kelelahan akibat mencatat berdampak pada menurunnya fokus dan perhatian siswa mengikut pelajaran.
  4. Catatan khusus point-point yang paling penting, diupayakan menggunakan spidol warna lain atau dengan menambahkan garis bawah atau dengan menebalkan hurufnya. Hal ini agar memancing perhatian siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang maksud dan makna dari tulisan yang diberi tanda atau yang berbeda dengan yang lainnya tersebut. Rasa penasaran dari siswa untuk mengetahui hal itu, dapat meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar siswa.
  5. Tulisan harus jelas, besar dan mudah dibaca. Pemenggalan tulisan harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan oleh guru pada saat menulis di papan tulis.