Jenis-jenis dan Pengelolaan Akun pada SIMPATIKA 2016

Selamat pagi, pada penulisan kali ini kami akan memberikan informasi untuk anda semua pengunjung setia blog kami tentang penjelasan jenis-jenis akun SIMPATIKA dan pengelolaan akun

Untuk mendapatkan akun dan melakukan pengolaan terhadap akun SIMPATIKA untuk seluruh invidu terkait mulai dari level Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag Kab/Kota sampai dengan tingkat individu umum, PTK.


A. Sekilas Tentang Akun SIMPATIKA 

Sistem SIMPATIKA menggunakan mekanisme akun yang dikelola secara mandiri oleh para pemegang Akun. Setiap akun memiliki karakteristik dan hak akses layanan yang secara otomatis diatur berdasarkan tipe akun yang diberikan kepada pengguna. 

Terdapat empat buah tipe akun yang dikenal dalam system SIMPATIKA yaitu :
  • Akun Institusi
  • Akun Individu Institusi
  • Akun Individu Publik
  • Akun Admin / Operator

1. Akun Institusi 
Tipe akun ini bersifat tetap mengikat pada institusi. Tidak bisa dihapus/dinonaktifkan. Akun institusi ini diberikan kepada pimpinan institusi yang bersangkutan dan dapat didelegasikan kepada person yang ditunjuk oleh pimpinan institusi. Format Akun Institusi adalah merupakan [ANGKA KODE INSTITUSI] yang diberikan oleh Sistem SIAP Online.

Institusi yang berhak memiliki Akun Institusi yaitu :
  • Institusi Madrasah/Sekolah : Akun institusi diberikan melalui cetak Surat Aktivasi Akun kepada madrasah/sekolah melalui Kanwil Kemenag Provinsi atau Kantor Kemenag Kab/Kota atau LPMP atau Dinas Pendidikan Kota /Kabupaten setempat. 
  • Institsi Kantor Kemenag Kab/Kota : Akun institusi diberikan melalui cetak Surat Aktivasi Akun kepada Kemenag Kab/Kota melalui Admin Kanwil Kemenag Provinsi setempat. 
  • Institusi Kanwil Kemenag Provinsi : Akun institusi diberikan melalui cetak Surat Aktivasi Akun kepada Kanwil Kemenag Provinsi melalui Kantor Kementrian Agama Pusat
Tips dan perhatian


2. Akun Individu Institusi
Tipe Akun ini bersifat personal bagi para anggota resmi yang terikat dengan institusi. Akun Individu Institusi diterbitkan oleh Admin / Operator Institusi terkait. Formatnya [ANGKA KODE INDIVIDU INSTITUSI] yang diberikan oleh sistem SIAP Online. Akun ini bersifat permanen dan unik antara setiap individu yang satu dengan individu lainnya

Individu yang memiliki hak untuk mendapatkan Akun Individu Institusi adalah :
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) : Akun Individu Institusi diberikan kepada PTK oleh operator / admin madrasah/sekolah setelah melalui proses verifikasi dan validasi sesuai dengan prosedur yang berlaku. 
  • Siswa : Akun Individu institusi diberikan kepada setelah melalui prosedur verifikasi dan validasi yang berlaku.
3. Akun Individu Publik
Tipe Akun ini bersifat personal publik tidak terikat dengan institusi manapun. Untuk mendaftarkan dan mengaktifkan tipe akun ini dilakukan melalui layanan SIAP Komunitas pada www.siapku.com (basis email individu). Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan Akun Individu Publik di https://paspor.siap-online.com/registrasi. Rincian petunjuk pendaftaran dapat anda lihat pada bagian Pengelolaan Akun Individu Publik.

4. Akun Admin/Operator
Tipe Akun ini merupakan Akun Individu Publik atau Akun Individu Institusi yang didaftarkan dan diberi hak akses sebagai anggota grup Admin /Operator pada institusi oleh pengelola Akun Institusi

Itulah informasi mengenai penjelasan jenis-jenis akun SIMPATIKA semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda terkait dengan mendapatkan akun dan melakukan pengolaan terhadap akun SIMPATIKA untuk seluruh invidu terkait mulai dari level Kanwil Kemenag Provinsi, Kantor Kemenag Kab/Kota sampai dengan tingkat individu umum, PTK.. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.