Alur Keaktifan PTK 2015-2016 SIMPATIKA 2016

Selamat pagi, pada penulisan kali ini kami akan memberikan informasi untuk anda semua pengunjung setia blog kami tentang Mencetak kartu Digital bagi PTK

Untuk memberikan informasi terkait prosedur keaktifan PTK di SIMPATIKA

A. Alur Proses Keaktifan PTK di Simpatika Kemenag
Untuk memahami bagaimana alur Proses keaktifan PTK pada akun Simpatika Kemenag dapat dilihat pada bagan yang tertera dibawah ini :
alur proses keaktifan PTK di SIMPATIKA


B. Keaktifan PTK 2015-2016 Semester 1
Pada proses keaktifan PTK (Cetak Kartu Digital PTK) dalam satu Madrasah/sekolah saat ini, setiap PTK dapat langsung mencetak kartu digital masing-masing melalui akun PTK nya. Setiap PTK tidak lagi harus menunggu persetujuan keaktifan kolektif (S25) dari Mapenda/Dinas setempat,  Namun untuk kepala Madrasah/Sekolah tetap harus melalui prosedur ajuan kolektif (S25) untuk dapat mencetak kartu digitalnya.

Berikut ini adalah langkah singkat tentang mencetak kartu digital bagi PTK :
  1. Lakukan Login sebagai PTK pada situs http://simpatika.kemenag.go.id/
  2. Kemudian silakan isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan PTK.
    Form Login
  3. Setelah Login selesai, selanjutnya pada halaman dasbor PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan gambar dibawah ini.
    Status keaktifan
  4. Kemudian Klik Info Mengajar untuk dapat melihat Riwayat Mengajar Anda.
    Klik Info Mengajar
    "Pemutakhiran riwayat mengajar tidak perlu di entri manual lagi oleh setiap guru. Sistem akan meng-update riwayat mengajar baik di sekolah induk atau non induk secara otomatis ke setiap portofolio guru sesuai dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan pada semester aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah. "

    Catatan : Diharapkan seorang PTK menyiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas pada semester 1 TP. 2015/2016 yang telah berlaku di sekolah saat ini sebagai dasar entri ke sistem SIMPATIKA). lakukan Klik untuk melihat Panduan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan. Contoh tampilan Daftar Riwayat mengajar Anda dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
    Riwayat Mengajar
  5. Selanjutnya, klik Periksa Portofolio dan lakukan  pemeriksaan portofolio Anda.
    Klik periksa portofolio
    "Jika ada yang harus disesuaikan silakan klik Edit Kembali, namun jika sudah sesuai klik OK".
    Koreksi Portofolio
  6. Selanjutnya, klik tombol Aktifkan pada kartu digital anda untuk periode Tahun Ajaran 2015/2016 Semester 1.
    Klik tombol aktifkan
  7. Langkah terakhir, Klik tombol Cetak Kartu untuk mencetak kartu digital PTK.
    Cetak kartu
  8. Berikut ini adalah contoh kartu PTK sebagai tanda keaktifan PTK pada semester berjalan.
    Kartu digital PTK

Itulah informasi mengenai tahapan mencetak kartu Digital bagi PTK semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda terkait dengan proses keaktifan PTK (Cetak Kartu Digital PTK). Terima kasih telah berkunjung ke blog kami.