Pentingnya wali kelas membuat buku catatan kebaikan siswa dalam rangka meningkatkan capaian hasil belajar siswa

Judul di atas adalah merupakan cara termudah untuk mendorong anak perwalian berkompetisi melakukan perubahan pada dirinya. Wali kelas tidak perlu berteriak hanya untuk mengingatkan anak melakukan tindakan positif, cukup dengan mencatat semua prilaku siswa yang bernilai positif setiap hari didalam buku catatan kebaikan siswa.

Kemudian setiap akhir pekan misalnya hari sabtu, wali kelas membaca catatan-catatan kebaikan selama seminggu di kelas perwaliannya. Jika perlu, yang paling banyak melakukan kebaikan diberikan stimulus yang bisa memancing siswa lainnya untuk melakukan hal yang sama. 

Pemberian stimulus bisa berupa hadiah, atau mungkin dibuatkan rompi sebagai simbol bahwa siswa tersebut merupakan siswa terbaik pada minggu itu atau dalam bentuk lain yang mendidik yang bisa memancing respons siswa.

Jika ini berjalan sesuai rencana maka akan tercipta persaingan atau kompetisi positif diantara siswa. Diharapkan kompetisi atau persaingan tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk melakukan perubahan sikap dan prilaku atas kemauan sendiri, hal ini lebih memudahkan kerja wali kelas untuk menanamkan nilai-nilai positif tanpa harus menghabiskan energi hanya untuk mendorong siswa melakukan perbuatan baik.