Pentingnya siswa membaca puisi sebelum memulai pelajaran terutama pelajaran pertama

Puisi dapat membangkitkan semangat, motivasi, keberanian, keteguhan, percaya diri dan memperkaya jiwa. Puisi mampu mempengaruhi perasaan seseorang sehingga terbawa mengikuti pesan yang disampaikan. Sasaran puisi adalah hati setiap manusia, olehnya itu, sangatlah baik jika sebelum memulai pelajaran disarankan untuk membaca puisi.

Sekolah dapat membuat program membaca puisi ini, pelaksanaannya dapat dilakukan di kelas atau pada saat apel. Jika pelaksanaannya di kelas, sedapat mungkin dilakukan dengan cara bergilir sehingga semua siswa mendapatkan kesempatan, namun apabila disampaikan melalui apel maka butuh keterlibatan guru Bahasa Indonesia dan guru seni untuk membina beberapa siswa tentang membaca puisi yang baik dan benar untuk kemudian siswa binaan tersebut secara bergilir menyampaikannya pada saat apel.

Bila program ini berjalan dan terjadwal dengan baik, maka pengaruhnya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini terjadi sebagai dampak dari menggeloranya jiwa siswa setelah menyimak, menghayati dan mengamalkan pesan dalam puisi tersebut. 

Ketika motivasi belajar meningkat, secara tidak langsung juga dapat membuka kesadaran siswa untuk meningkatkan pula prestasi belajar dan hasil belajarnya.