Kelemahan Siswa dalam memahami materi yang diajarkan ditinjau dari sisi gurunya
Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran tidak selamanya bersumber dari diri pribadi siswa itu sendiri, melainkan dapat pula disebabkan oleh faktor gurunya. Disinilah peran penting “kegiatan evaluasi” sangat diperlukan oleh guru, tujuannya untuk merefleksi proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Hasil dari evaluasi diharapkan dapat memperbaiki segala kekurangan utamanya cara atau metode mengajar guru.
Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh guru yang berdampak pada kurangnya kemampuan siswa memahami materi yang diajarkan menurut Muhammad Asdar Darise, S.Pd :
- Guru kurang memahami integritas dan perannya sebagai guru
- Guru dalam memberikan materi terkadang melupakan prinsip-prinsip pembelajaran.
- Siswa dianggap sebagai objek pembelajaran bukan subjek pembelajaran.
- Guru hanya menjelaskan apa yang akan diajarkan tanpa memanfaatkan kemampuan yang dapat dilakukan oleh seorang siswa.
- Guru kurang mampu mengembangkan kemampuan sosial siswa.
- Guru dalam memberi pelajaran terkesan monoton dan tidak kreatif dalam menarik minat siswa untuk ikut dalam proses pembelajaran.