Pengaruh partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa

Ukuran keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat melalui hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru. Nilai yang dicapai atau diperoleh siswa setiap mata pelajaran menjadi indikator kualitas pembelajaran. Apakah tingkat prestasi belajar siswa rendah atau tinggi, jika hasilnya rendah menunjukkan adanya hambatan atau masalah yang harus di pecahkan.
.
Rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya bersumber dari dalam diri siswa dapat berupa kondisi psikologis dan fisiologis sedangkan faktor eksternal dapat berupa fasilitas atau sarana belajar, tingkat partisipasi orang tua, kebiasaan belajar, aktivitas belajar, motivasi, sikap, potensi, bakat dan minat serta kemampuan siswa.

Bedjo (1996) bahwa: “Berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan dan prestasi belajar siswa di antaranya adalah siswa sebagai individu, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat”.

Artinya, prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh tingkat partisipasi orang tua siswa, Suryabrata (1988) mengemukakan bahwa: “Faktor yang mempengaruhi proses dan prestasi belajar adalah faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa. Faktor dari dalam diri siswa meliputi kondisi psikologis dan fisiologis, sedangkan faktor dari laut meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat serta kelengkapan berbagai sarana dan prasarana dalam belajar. 

Selanjutnya dikemukakan pula oleh Bejdo (1999) bahwa keberadaan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar dan prestasi belajar siswa terdapat hubungan yang saling terkait. Bakat yang ada dalam diri siswa misalnya agar dapat berkembang baik, maka perlu ada dorongan dari keluarga dan masyarakat. Sebaliknya, lingkungan yang kurang mendukung dapat menghambat perkembangan siswa itu sendiri.