12 Keuntungan yang dapat diperoleh sekolah atas kegiatan reuni alumni

Peran alumni bagi sekolah sangat penting, alumni merupakan gambaran kualitas penyelenggaraan proses pendidikan di sekolah. Keberhasilan para alumni memperoleh pekerjaan dapat meningkatkan citra sekolah, dampaknya tentu saja akan berpengaruh pada cara pandang masyarakat terhadap sekolah tersebut. Kepercayaan masyarakat meningkat, yang pada gilirannya setiap program kegiatan yang direncanakan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat.

Salah satu kegiatan yang seringkali dilaksanakan oleh para alumni adalah reuni alumni, baik berdasarkan angkatan maupun secara keseluruhan. Rangkaian kegiatannya juga menarik dan bermanfaat bagi sekolah misalnya pemberian bea siswa, panggung seni, lomba mata pelajaran, pemberian bantuan pada siswa miskin bahkan membantu sekolah menyiapkan sarana dan prasana sekolah.

Berdasarkan hal di atas, berikut beberapa keuntungan yang dapat diperoleh sekolah bila reuni alumni diselenggarakan baik berdasarkan angkatan tertentu maupun secara keseluruhan alumni :
  1. Membantu sekolah menyiapkan sarana dan prasarana yang belum tersedia/memadai dengan jalan memanfaatkan kerjasama khususnya para alumni yang telah sukses atau telah mendapatkan pekerjaan yang layak atau dengan sukarela sesuai kemampuannya.
  2. Membantu sekolah memperoleh program kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan sekolah misalnya pemberian bea siswa kepada siswa miskin dari tempat kerja para alumni.
  3. Membantu sekolah dalam memotivasi siswa yang masih aktif di sekolah tersebut untuk meningkatkan prestasi belajarnya yang diinspirasi oleh keberhasilan para alumni.
  4. Meringankan beban sekolah dalam menyiapkan wadah bagi penyaluran bakat dan minat atau potensi siswa yang belum maksimal diprogramkan oleh sekolah misalnya menyelenggarakan kegiatan panggung seni, lomba mata pelajaran dan lain sebagainya.
  5. Membantu sekolah dalam membuka ruang-ruang yang tidak bisa diprogramkan oleh sekolah dan menjadi fasilitator dan katalisator bagi sekolah terutama pada lingkungan eksternal.
  6. Membantu sekolah dalam upaya menciptakan budaya belajar di lingkungan sekitar sekolah. Budaya belajar ini sangat diperlukan guna mendukung keberhasilan proses belajar mengajar di sekolah.
  7. Membantu sekolah menciptakan  situasi yang kondusif bagi terselenggaranya proses belajar mengajar yang aman, nyaman, menyenangkan, membahagiakan dan berkarakter pendidikan.
  8. Membantu sekolah menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi dengan memanfaatkan potensi dan keahlian para alumni yang berdasarkan bidang keilmuan masing-masing.
  9. Membantu sekolah memanfaatkan potensi dan kapasitas sekitar lingkungan sekolah guna mendorong dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional.
  10. Membantu sekolah dalam menyiapkan data dan informasi tentang peta kompetensi pendidikan peserta didik yang masih tergolong usia wajib belajar di sekitar lingkungan sekolah.
  11. Membantu sekolah memberikan advokasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya pendidikan sehingga diharapkan dapat mengurangi jumlah anak putus sekolah seminimal mungkin.
  12. Membantu sekolah mensosialisasikan aturan dan kebijakan baru terkait dunia pendidikan khususnya tentang kurikulum pendidikan dan sistemnya serta bagaimana peran serta orang tua guna mendorong terselenggaranya pendidikan yang berkualitas.