Jangan terbawa keberhasilan pembelajaran tahun lalu

Tidak selamanya keberhasilan pembelajaran yang kita laksanakan pada tahun pelajaran yang lalu dapat kita capai pada tahun pelajaran sekarang. Penting untuk diketahui bahwa tahun pelajaran sekarang berbeda dengan tahun pelajaran yang lalu. Materi boleh sama, tetapi pendekatan, strategi, metode maupun model pembelajaran harus berubah karena kita akan menghadapi siswa yang berbeda. Berbeda secara fisik maupun berbeda berdasarkan kemampuan awal yang dimiliki siswa.

Sayangnya banyak guru yang tidak menyadari perubahan ini, akibatnya persiapan awal sangat minim bahkan hanya mengandalkan memori yang lalu. Proses pembelajaran menjadi tidak maksimal, tantangan klasik seperti menurunnya motivasi belajar siswa tidak mampu diantisipasi dengan baik.

Jangan hidup di masa lalu, itulah sebuah prinsip Fu Shui Nan Shou. Prinsip ini mengajarkan kepada kita bahwa kesuksesan, kegemilangan, keberhasilan termasuk kegagalan di masa lalu hanyalah bagian dari masa lalu. Namun demikian, kita juga tidak dapat melepas begitu saja masa lalu karena terdapat banyak pelajaran yang dapat dijadikan dasar pijakan kita melangkah dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang.

Walaupun masa lalu telah menyuguhkan keberhasilan pembelajaran, tetapi fokus kita adalah proses pembelajaran yang sedang dihadapi. Sebab keadaan keberhasilan masa lalu tidak dapat di copy paste untuk proses pembelajaran sekarang. Keberhasilan proses pembelajaran sekarang tergantung bagaimana strategi, pendekatan, metode dan model pembelajaran yang kita terapkan sekarang karena inilah dasar pembelajaran sekarang.

Jadi apapun yang kita capai pada saat pembelajaran tahun lalu, marilah kita jadikan sebagai bagian dari proses pembelajaran, jangan terjebak masa lalu, tetapi ikutilah rencana pembelajaran sekarang, temukan potensi, bakat dan minat siswa, serta identifikasi kemampuan awal siswa karena itu akan berpengaruh pada pengambilan keputusan terhadap pemilihan pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran yang akan terapkan.