Jangan ragu meminta bantuan dari guru lain

Sesuatu yang besar dimulai dari yang terkecil, kesempurnaan bersumber dari ketidaksempurnaan. Profesional bermula dari amatir, untuk menjadi guru yang profesional harus belajar dari berbagai kekurangan yang dimiliki yang diteruskan dengan tindakan perbaikan.

Penilaian diri bagi guru sangat penting, karena disinilah segala kekurangan terutama bagaimana guru memberikan pembelajaran dapat diketahui. Penilaian diri dapat ditempuh dengan jalan melakukan sendiri atau meminta bantuan guru lain terutama guru senior yang telah berpengalaman dan memiliki prestasi baik dalam mengajar.

Aspek-aspek yang dapat dinilai seperti cara berkomunikasi, pengelolaan kelas, pendekatan yang digunakan, strategi pembelajaran yang dipakai, metode dan model pembelajaran serta penguasaan konsep dan materi pelajaran.

Hasil apapun yang diperoleh berdasarkan evaluasi yang dilakukan harus diterima dengan jujur dan terbuka. Akui kekurangan yang ditemukan, jangan dijadikan sebagai alibi untuk membenarkan cara anda menyajikan pembelajaran. Informasi yang diterima terutama dari teman sejawat atau guru lain merupakan landasan anda untuk melakukan perbaikan demi perbaikan guna meningkatkan kualitas diri anda sebagai guru.