Reputasi guru dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Seringkali kita dihadapkan dengan kata “wibawa”. Guru harus memiliki kewibawaan di mata siswa, agar tercipta kepercayaan siswa terhadap guru. Kewibawaan tidak lahir serta merta pada saat seseorang menjadi guru. Kewibawaan harus dibangun, bangunan kewibawaan adalah sikap dan perbuatan positif dari guru melalui hubungan komunikasi yang baik yang bersifat pendidikan.

Untuk memperkuat kewibawaan seorang guru di mata siswa, diperlukan segala upaya yang bernilai manfaat. Upaya-upaya dimaksud akan mempengaruhi reputasi seseorang terutama guru, guru yang memiliki reputasi tinggi dapat meningkatkan kewibawaan guru dimata siswa.

Dampak dari reputasi yang baik akan menambah tingkat kepercayaan siswa, yang pada gilirannya akan meningkatkan pula daya terima siswa terhadap guru dimaksud. Hal ini akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa, timbulnya kecintaan siswa terhadap guru dan timbulnya dorongan dari dalam diri siswa untuk melakukan perubahan sikap dan prilaku sesuai dengan arahan guru.

Dengan demikian, pemberian layanan harus maksimal agar dapat dirasakan oleh siswa, pendekatan langsung sangat dibutuhkan untuk membangun persepsi dan citra yang baik. Tujuannya semata-mata agar terjadi perubahan pola pikir dan budaya siswa sehingga meningkatkan pemahaman siswa tentang betapa pentingnya pendidikan.