6 Simpul pendidikan yang wajib diketahui

Pendidikan bagaikan beberapa utas tali yang saling terkait, masing-masing tali mengikat beban dan materi yang berbeda-beda namun akan membentuk satu tujuan. Kekuatan tali tergantung bagaimana simpul-simpulnya terikat satu sama lainnya. Yang manakah simpul yang wajib diketahui guna memperkokoh bangunan dunia pendidikan?

1. Kurikulum
Kurikulum menyangkut pedoman yang harus dijalankan oleh semua elemen seperti sekolah, guru, siswa, orang tua, pemerintah dan lingkungan. Selama perjalanan pendidikan kita sudah mengenal beberapa kurikulum misalnya kurikulum 2013, KBK, KTSP, 94 dan lain-lain.

2. Pendidikan formal dan non formal
Pendidikan formal yang kita ketahui terdiri dari pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Jenjang pendidikan ini harus berkesinambungan, masing-masing jenjang menguatkan jenjang lainnya. Pendidikan non formal adalah pendidikan yang dilaksanakan diluar pendidikan formal. Kehadiran pendidikan non formal dapat memperkuat pendidikan formal misalnya pelaksanaan kegiatan eskul yang diadakan diluar jam sekolah.

3. Komite sekolah
Komite sekolah merupakan organisasi yang mewadahi orang tua peserta didik. Komite sekolah berperan melaksanakan program-program pendukung yang tidak dapat dilaksanakan oleh pihak sekolah. 

4. Organisasi profesi
Guna meningkatkan kompetensi tenaga pendidik diperlukan wadah yang bisa menjadi pengayom, yang melindungi dan memperjuangkan hak-hak guru. Peran organisasi ini sangat vital sehingga perlu dukungan penuh dalam menjalankan setiap program kerjanya. Organisasi profesi misalnya PGRI, IGI dan lain sebagainya.

5. Organisasi kepemudaan
Organisasi ini biasanya memiliki unit di tingkat sekolah. Kehadiran unit organisasi dalam lingkungan sekolah berfungsi untuk membentuk karakter dan jiwa peserta didik, melatih kemandirian, tanggung jawab, kepemimpinan dan pengetahuan tentang kehidupan. Organisasi ini misalnya Gerakan Pramuka dan PMI, ditingkat sekolah dikenal dengan gudep pramuka dan PMR.

6. Pemerintah
Kehadiran pemerintah dalam memperkuat dunia pendidikan lahir dalam bentuk kebijakan-kebijakan, pelatihan, bantuan sarana prasarana, dan fasilitas pendukung lainnya. Pemerintah bukan hanya pemerintah pusat tetapi semua level mulai dari pusat, propinsi dan kabupaten/kota

Kalau keenam simpul ini bersatu dalam ikatan yang sama maka dunia pendidikan akan menemukan rohnya. Gerakan-gerakan yang ditujukan guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan akan melahirkan generasi-generasi yang berdaya saing tinggi dan kompetitif dalam segala bidang.