4 Kunci keberhasilan inovasi pembelajaran

Dunia pendidikan memiliki berbagai permasalahan, umumnya bersumber dari keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran. Guru harus mampu menemukan inovasi pembelajaran yang tepat guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Masa kini, inovasi pembelajaran merupakan salah satu elemen keberhasilan pembelajaran mengingat tantangan yang semakin berat di tambah lagi dengan persaingan yang semakin kompetitif.

Atas dasar itulah sehingga beragam inovasi pembelajaran telah lahir, namun hanya sedikit yang berhasil diterapkan. Agar inovasi pembelajaran dapat berhasil dan bermanfaat bagi dunia pendidikan maka ada empat hal yang harus diperhatikan.

1. Konsep yang jelas
Sebelum merancang dan membuat inovasi pembelajaran, perumusan konsep harus jelas dan mudah dipahami. Guru harus penguasai konsep tersebut agar pelaksanaannya tidak menimbulkan masalah baru atau mengaburkan tujuan yang diharapkan.

2. Integrasi berbagai inovasi pembelajaran
Inovasi pembelajaran dirancang untuk memudahkan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar sehingga memudahkan siswa untuk memahami dan menguasai konsep materi yang diajarkan. Kehadiran berbagai inovasi pembelajaran merupakan kunci sukses keberhasilan pembelajaran. Olehnya itu, perlu ada upaya untuk menemukan inovasi pembelajaran baru yang lahir dari peleburan dari barbagai inovasi pembelajaran.

3. Keterbukaan
Inovasi pembelajaran harus bersifat terbuka agar dapat dilakukan perbaikan dan penyempurnaan atas berbagai kelemahan yang dimiliki. Tujuannya adalah agar dapat dianalisis dan dapat dilakukan tindakan antisipasi secara cepat dan akurat.

4. Sinergi antar semua elemen
Dalam pelaksanaannya dibutuhkan kerjasama semua elemen, semua harus berjalan secara sinergi sehingga masing-masing elemen saling menguatkan.