Kesempatan guru berpartisipasi dalam penulisan soal ujian Nasional

Peran guru mulai dihargai oleh pemerintah. Bagi guru yang memiliki kompetensi dalam menulis soal ujian Nasional, Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Guru pada jenjang SMP/MTs yang mengajar mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Pendidikan Kewarganegaraan. Jenjang SMA/MA yang mengajar mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Antropologi, Pendidikan Kewarganegaraan. Jenjang SMK yang mengajar mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Semua harus dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.

Selain itu, syarat lainnya adalah guru yang berpengalaman mengajar minimal 5 (lima) tahun, Minimal lulusan S1/D4 dari jurusan yang sesuai dengan bidang studi yang diampu, guru yang mampu menggunakan komputer, internet, dan program pengolah kata Microsoft Word, guru yang tidak mengajar dan berafiliasi dengan bimbingan belajar,  guru yang berkomitmen menulis soal berkualitas untuk peningkatan mutu pendidikan, guru yang berkomitmen menjaga kerahasiaan soal beserta seluruh perangkat terkait upaya mencapai penilaian yang berkualitas.

Untuk mendaftar sebagai penulis soal ujian Nasional silahkan klik alamat berikut!


Pendaftaran paling lambat tanggal 13 Mei 2016, pengumuman direncanakan tanggal 16 Mei 2016.