Pentingnya membaca ulang catatan guru

Catatan guru berisi komentar, masukan dan tindak lanjut dari perkembangan siswa, catatan guru tidak serta merta ditutup setelah siswa menyelesaikan proses belajar selama satu semester. Guru bersama siswa harus membuka kembali lembaran-lembaran catatan guru agar dilakukan perbaikan terhadap hasil kerja dan sikap sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan memperbaiki kualitas proses pembelajaran.

Sudah menjadi kewajiban bagi guru bersama siswa untuk mereview kembali proses pembelajaran yang sudah dilalui. Berdasarkan catatan guru, hasil kerja dan sikap siswa yang belum maksimal perlu dilakukan langkah-langkah antisipasi, masukan dan saran yang terdapat dalam tindak lanjut perbaikan harus dijalankan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab guna meningkatkan motivasi belajar siswa.

Catatan guru apakah bersumber dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan merupakan sebuah fakta tentang perkembangan peserta didik. Fakta ini akan menjelaskan dan menggambarkan kemampuan dan kompetensi siswa, fakta ini pula akan menjadi dasar bagi guru untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada semester berikutnya. Tentunya akan berguna dalam menerapkan metode dan model pembelajaran yang tepat yang disesuaikan dengan dinamika kelas yang diajarnya. Dengan demikian fungsi kontrol, pengawasan, monitoring dan evaluasi dapat berjalan dengan baik seperti yang direncanakan sebelum pelaksanaan pembelajaran.