Langkah-langkah penugasan kepada siswa

Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Tujuan Penugasan adalah untuk mengukur pengetahuan dapat dilakukan setelah proses pembelajaran (assessment of learning). Sedangkan penugasan untuk meningkatkan pengetahuan diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan.(buku pedoman penilaian SMP).

Soal yang diberikan harus mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Hindari pemberian soal atau tugas yang dijawab dengan “ya” atau “tidak”, soal harus memancing siswa untuk mengetahui lebih jauh kandungan materi. Melibatkan kemampuan analisis, argumentasi, konseptual, faktual, dan prosedural terhadap masalah yang diberikan. Soal harus bersifat kompleks sehingga membutuhkan banyak sumber yang relevan dan valid guna menguatkan hasil penugasan.

Langkah-langkahnya adalah :
  1. Menetapkan tujuan pelaksanaan penugasan
  2. Menyusun beberapa pertanyaan penugasan
  3. Melakukan pemetaan siswa berdasarkan kompetensi dan daya serap siswa terhadap materi bila dilaksanakan secara berkelompok.
  4. Menyusun pedoman penskoran