Kesesuain tingkat pembelajaran

Bagi guru, sebelum memberikan materi baru kepada siswa maka sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal seperti minat, respons dan daya serap siswa guna memastikan tingkat kesiapan siswa mempelajari materi yang akan diberikan. 

Materi dengan tingkat kesulitan yang tinggi apabila disajikan dengan metode dan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran atau proses belajar menjadi mudah. Namun sebaliknya walaupun materi yang diberikan memiliki tingkat kesulitan rendah, kalau disajikan dengan metode dan model pembelajaran yang tidak sesuai maka akan menyulitkan siswa menerima materi baru.

Disamping itu, pendekatan guru kepada siswa harus selalu dibawa ke situasi pendidikan. Pendekatan sangat berpengaruh pada kesiapan siswa mengikuti proses belajar, melalui pendekatan yang dilakukan oleh guru dapat membuka jalan bagi siswa untuk memaksimalkan minat belajarnya terhadap materi yang diberikan. Guru harus senantiasa memberi motivasi dan dorongan agar siswa memahami betapa pentingnya menguasai ilmu dan pengetahuan.

Olehnya itu, sebelum guru memberikan materi kepada siswa terlebih dahulu membuat rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran disusun berdasarkan minat, respon dan kemampuan daya serap siswa mengikuti pembelajaran. Metode dan model yang dipakai harus sesuai dengan situasi siswa karena akan berpengaruh pada kualitas pembelajaran. Guru harus memaksimalkan kapasitas yang ada sehingga meminimalisasi tingkat kesalahan dan kekurangan proses belajar. Semakin kecil tingkat kesalahan yang dilakukan berarti semakin efektif pembelajaran.