Cara mengukur kualitas pembelajaran

Kualitas pembelajaran yaitu seberapa besar kadar informasi yang disajikan sehingga siswa dengan mudah dapat mempelajarinya atau makin kecil tingkat kesalahannya berarti semakin efektif pembelajaran. Slavin (1994:310)

Pembelajaran yang berkualitas dapat diamati dengan melihat tingkat keaktifan siswa, pengorganisasian dan penemuan informasi sehingga memperjelas apa yang seharusnya dicapai oleh siswa selama pembelajaran. 

Pembelajaran berkualitas akan meningkatkan minat siswa. Pengaruh minat siswa terhadap pembelajaran sangat besar, siswa akan aktif dan bertanggung jawab terhadap peran yang diberikan. Mereka akan terdorong dengan sukarela dan atas kemauan sendiri untuk menemukan pengetahuan dan informasi baru, mereka akan semakin senang karena merasa tertantang terhadap materi yang diberikan.

Untuk mengukur kualitas pembelajaran, diperlukan beberapa indikator. Indikator itu dapat berupa:
  1. Pencapaian efektivitas aktivitas guru dan siswa
  2. Pencapaian efektivitas kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif
  3. Pencapaian efektivitas keterampilan kooperatif siswa
  4. Pencapaian ketuntasan belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran.